Kunjungan ke rumah produksi Amplang


P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yaitu kegiatan kokurikuler berbasis projek.

Kegiatan yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Secara prinsip, pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Dijelaskan dalam buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang diterbitkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dipaparkan di panduan tersebut bahwa Kemendikbudristek telah menentukan tema untuk setiap projek profil yang diimplementasikan di satuan pendidikan.

Tema P5 pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat

1.        Gaya Hidup Berkelanjutan

2.        Kearifan Lokal

3.        Bhinneka Tunggal Ika

4.        Bangunlah Jiwa dan Raganya

5.        Suara Demokrasi

6.        Rekayasa dan Teknologi

7.        Kewirausahaan

8.        Kebekerjaan

 

Dari tema di atas tema yang dipilih oleh SMP Negeri 3 Tarakan adalah kearifan lokal yaitu membuat amplang dari ikan bandeng, karena Kota Tarakan termasuk salah satu kota penghasil ikan bandeng.

Dalam upaya mempersiapkan kegiatan P5 maka peserta didik diajak untuk berkunjung ke beberapa rumah produksi pembuatan amplang yang ada di sekitar sekolah.